TESIS ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KPP

Browse » Home » pascasarjana » TESIS ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI ...

Browse » Home » pascasarjana » TESIS ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KPP Kategori : pascasarjana


(KODE : PASCSARJ-0156) : TESIS ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KPP (PROGRAM STUDI : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA)



A. Latar Belakang Masalah
Hingga saat ini pendapatan Negara masih sangat tergantung dari pendapatan pajak, karena penyokong pendapatan Negara terbesar masih didominasi dari pajak. Mengingat sumber- sumber pendapatan lain yang bergitu diandalkan seperti minyak bumi dan gas alam serta hasil hutan ternyata tidak dapat dipertahankan lagi dan menyadari hal tersebut pemerintah bertekad untuk menjadikan pajak sebagai tulang punggung penerimaan negara dalam membiayai pembangunan.
Direktorat Jendral Pajak merupakan instansi pemerintah yang bertugas untuk mengintegrasikan dan mensinergikan segala sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan dan sasaran dari program-program yang selaras dengan empat tujuan Direktorat Jendral Pajak yaitu : peningkatan pelayanan perpajakan; peningkatan kepatuhan Wajib Pajak melalui pengawasan dan penegakan hokum; peningkatan efektivitas dan efisiensi organisasi melalui reformasi dan modernisasi; peningkatan profesionalisme dan integritas sumber daya manusia, yang pada akhirnya akan membuat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama X memenuhi target klasik yang diamanahkan yaitu penerimaan pajak.
Salah satu sumber keunggulan kelembagaan atau organisasi adalah sumberdaya manusia itu sendiri. Tingginya teknologi yang menjadi cirri kemajuan zaman modern ini masih membutuhkan peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjamin keunggulannya. Sehingga diperlukan keselarasan antara strategi kelembagaan secara umum dan perencanaan sumbedaya manusia yang tepat. Manusia sebagai salah satu sumberdaya akan menjadi subjek dan titik perhatian yang strategis bagi suatu lembaga. Pengelolaan sumberdaya manusia sendiri kemudian dipandang sebagai perluasan dari gagasan untuk mengelola jaryawan secara efektif dan efisien, untuk itu perlu pengetahuan tentang perilaku manusia dan kemampuan mengelolanya yang kemudian membentuk suatu pola gaya kepemimpinan. Peran utama gaya kepemimpinan adalah dapat mempengaruhi orang lain untuk secara bersama-sama bekerjasecara serius dalam mencapai tujuan.
Ditengah keadaan akan kerasnya tuntutan lingkungan dan pentingnya sumber daya manusia dalam lembaga ditemui juga kenyataan bahwa karyawan KPP Pratama X masih perlu meningkatkan diri untuk menghasilkan produktivitas kerja yang optimal sesuai target kinerja yang diharapkan.
Walau telah ditunjang dengan teknologi yang modern namun masih harus diiringi dengan peningkatan pendidikan dan pelatihan ketrampilan karyawan sesuai dengan didangnya dan semangat bekerja yang tinggi dari karyawannya agar tercapai produk yang optimal dengan efektif, dan efisien agar dapat menghasilkan kinerja yang optimal sesuai target yang diharapkan. Sehingga lembaga mampu memberikan kompensasi yang memuaskan bagi semua pihak.
Peningkatan kinerja bagi karyawan tidak terlepas dari rangsangan maupun dorongan dari karyawan itu sendiri atau dari pihak eksternal. Dalam hal ini baik secara langsung maupun tidak langsung gaya kepemimpinan merupakan salah satu pendorong semangat kerja bagi produktivitas kerja karyawan, dengan memanfaatkan dan menggunakan serta memaksimalkan sumber daya yang dimiliki yang didukung pendidikan dan pelatihan yang tepat diharapkan tercapainya kinerja yang optimal.
Kompensasi juga diharapkan mampu memberikan dorongan dan motivasi kerja terhadap para karyawan agar selalu bekerja giat. Selain kompensasi, peranan gaya kepemimpinan sangat penting dalam rangka menciptakan kinerja yang tinggi. Tanpa pembekalan pendidikan dan pelatihan dan pemberian kompensasi yang sesuai, tujuan perseorangan dan tujuan lembaga menjadi tidak selaras. Keadaan ini dapat menimbulkan pegawai mempunyai sikap bekerja untuk kepentingan pribadi sehingga keseluruhan organisasi menjadi tidak efisien dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendekatan formal yang diambil organisasi untuk memastikan bahwa hanya pegawai yang berkualifikasi dan berpengalaman ,yang tepat tersedia pada saat dibutuhkan oleh lembaga.
Kantor Pelayanan Pajak Pratama X merupakan salah satu Instansi Pemerintah yang bertugas untuk memungut penerimaan pajak, peningkatan pelayanan dan pengawasan, membuka kesempatan usaha, terwujudnya pengawasan yang efektif dan efisien dalam rangka penegakkan hokum perlindungan masyarakat serta terwujudnya kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku di bidang perpajakan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Kantor Pelayanan Pajak Pratama X memerlukan karyawan yang tangguh, berdisiplin tinggi, berdedikasi dan memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dibebankan dapat sesuai dengan target, pada saat ini kinerja karyawn dirasakan belum optiml walau berbagai kompensasi telah diberikan.
Dengan jumlah pegawai yang ada, Kantor Pelayanan Pajak Pratama X harus berusaha memaksimal kerja karyawannya untuk dapat memperoleh kinerja yang diharapkan sehingga peran Kantor Pelayanan Pajak Pratama X terhadap pembangunan Negara terlihat nyata, hal ini tidak lepas dari peran pemberian kompensasi untuk memberikan dorongan karyawannya agar bekerja maksimal. Penilaian kepada Direktorat Jendral Pajak secara umum dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama X, secara khusus inilah yang menjadikan karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama X harus lebih meningkatkan kinerjanya untuk bekerja sesuai dengan petunjuk pelaksanaan teknis Direktorat Jendral Pajak. Hal inilah diperlukan upaya untuk dapat membangkitkan semangat kerja pegawainya sehingga akan dapat diperoleh kinerja yang maksimal sebagaimana yang diharapkan Direktorat Jendral Pajak dan pemerintah sehingga akan memberikan dampak positif dari penilaian public yang terkesan belum sesuai dengan yang diharapkan.
Selain pembekalan pendidikan dan pelatihan dan pemberian kompensasi yang sesuai diperlukan gaya kepemimpinan yang sesuai diperlukan gaya kepemimpinan yang sesuai demi kontinuitas etos kerja karyawannya karena hanya dengan gaya kepemimpinan yang sesuai yang dapat memberikan kepuasan kedua belah pihak sehingga mampu memberikan semangat kerja bagi karyawannya untuk dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Gaya kepemimpinan yang sesuai mampu mengubah situasi kerja yang lesu menjadi bergairah sehingga mampu mendorong produktivitas karyawan yang berdampak peningkatan kinerja karyawannya.
Mengingat begitu besar tanggung jawab yang dibebankan kepada karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama X, namun menurut pengamatan penulis bahwa kinerja karyawan belum sesuia dengan Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kerja Operasional yang diharapkan oleh Direktorat Jendral Pajak sehingga penulis ingin mengetahui seberapa besar faktor pendidikan dan pelatihan, kompensasi, dan gaya kepemimpinan dapat mempengaruhi kinerja karyawan, dengan mengambil judul "Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Kompensasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X"

B. Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah dapat diidentifikasikan hal-hal sebagai berikut :
1. Rendahnya/belum optimalnya dalam peningkatan etos kerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.
2. Ketaatan pada peraturan yang ada belum optimal pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.
3. Pendidikan dan Pelatihan para karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama X belum optimal dalam menunjang kompetitif
4. Kurangnya kesempatan pendidikan dan pelatihan para karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama X, sehingga produktivitas kerja belum memenuhi sasaran.
5. Gaya kepemimpinan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X belum tepat sehingga sangat diperlukan gaya kepemimpinan yang sesuai.
6. Kinerja para pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama X belum optimal.
7. Kinerja para pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama X dipengaruhi pendidikan dan pelatihan, kompensasi dan gaya kepemimpinan.

C. Ruang Lingkup Penelitian
Dengan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya peneliti serta banyak faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai dan permasalahan yang ada pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X, maka dalam penelitian ini dibatasi pada analisis pengaruh pendidikan dan pelatihan, kompensasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.

D. Perumusan Masalah
Dari latar belakang masalah, dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :
1. Bagaimanakah pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.
2. Bagaimanakah kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.
3. Bagaimanakah pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.
4. Bagaimanakah pengaruh pendidikan dan pelatihan, kompensasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.
5. Faktor manakah yang paling dominan memberikan peranan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X.

E. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan, kompensasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X baik secara simultan maupun parsial
b. Untuk mengetahui faktor yang paling dominan memberikan peranan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X
2. Kegunaan Penelitian
a. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi bagi pimpinan Kantor Pelayanan Pajak Pratama X dalam rangka menunjang peningkatan kinerja karyawannya.
b. Sebagai sumbangan pemikiran bagi pimpinan Kantor Pelayanan Pajak Pratama X untuk dapat lebih memperhatikan kinerja karyawannya melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan, kompensasi dan gaya kepemimpinan.


Sumber

COMMENTS

Nama

about,1,Acara,1,actual,1,adanya,1,Affixing,1,AGAMA,1,Ahmed,1,AKADEMI,1,AKHLAK,2,AKSELERASI,1,AKTIF,1,alaihi,1,Alhaudh,1,alHaudhTelaga,1,AlQuran,1,ANALISIS,3,ANTARA,3,AQIDAH,1,Arabspeaking,2,Artikel,2,Asian,1,Assistance,1,associated,1,Associated,2,ASUHAN,1,azure,1,BACAAN,1,BAGUS,3,BASED,1,BEBERAPA,1,BELAJAR,7,BERBASIS,1,BERDARAH,1,BERHUBUNGAN,1,Bernard,1,Bidah,2,BIDAN,2,BISNISNYA,1,BOTTOM,1,BUDAYA,3,Bulan,1,BULAN,1,Ciriciri,1,Common,1,Conserve,1,Contoh,4,countries,1,CUSTOMER,1,DAERAH,1,dalam,1,DALAM,6,Dalildalil,1,Dampak,1,DASAR,1,DEMAM,1,Democracies,1,DENGAN,8,DENGUE,1,Designs,1,Desires,1,Dholalah,1,dialiri,1,Dihalangi,1,DIKATAKAN,1,DIPLOMA,1,DIRJEN,2,Disciplines,1,DISKUSI,1,Dzulhijjah,1,EFEKTIF,1,EKONOMI,1,Encounter,1,Estimates,1,Etika,1,Exactly,1,Excursions,1,Explanation,1,Faktor,1,FAKTOR,1,FAKTORFAKTOR,1,feminine,1,Fikih,1,FIQIH,1,Function,1,fundamental,1,Gabriel,1,gallery,1,games,1,Globe,1,Guide,1,GUIDE,1,HAMIL,1,Hasanah,1,Hewan,1,History,1,HUBUNGAN,3,Hukum,2,HUMAS,3,Ilmiah,1,ILMIAH,5,IMPLEMENTASI,1,Incorrect,1,INDEX,1,Indonesia,1,INFORMASI,1,Informative,1,INOVASI,1,INTERAKSI,1,internet,1,INTERNET,1,Islam,2,ISLAM,2,Islamic,2,Istanbul,1,JAMINAN,1,JAMKESMAS,1,Jigsaw,1,KANWIL,1,KAPAN,1,Karachi,1,KARAKTERISTIK,1,KARYA,5,KARYAWAN,1,Kautsar,1,KEAKTIFAN,1,KEBIDANAN,3,KEGIATAN,1,KEJADIAN,1,KEKAYAAN,1,KELOLA,1,KELOMPOK,1,KEMAMPUAN,2,KEPADA,2,KEPEGAWAIAN,1,KEPEMIMPINAN,1,KEPUASAN,1,KERJA,4,Kesehatan,1,KESEHATAN,2,KESELAMATAN,1,KeutamaanHikmah,1,KINERJA,4,KLINIK,2,KOMITMEN,1,KOMPENSASI,2,KOMPETENSI,1,KOMUNIKASI,1,KONSTRUKTIVISTIK,2,Kooperatif,1,KOOPERATIF,1,KREATIF,1,KREATIVITAS,1,KUALITAS,1,Kumpulan,1,Kurban,1,Kurikulum,1,Ladies,1,LEARNING,1,LENGKAP,1,Lewis,1,Lifestyle,1,LINGKUNGAN,1,Lining,1,MacamJenis,1,MAHASISWA,4,Makalah,6,Makna,1,MANAJEMEN,1,MANUSIA,1,MASALAH,2,Massa,1,MASYARAKAT,2,MATAKULIAH,1,MATCH,1,Media,1,MEDIA,1,MELALUI,2,MEMBERIKAN,1,MEMECAHKAN,1,MEMPENGARUHI,1,MENGIKUTI,1,MENINGKATKAN,6,MENJADI,1,MENSTRUASI,1,menurut,2,MENYENANGKAN,1,METODE,2,Model,1,MODEL,1,Mosque,1,MOTIVASI,5,Mulai,1,MUTASI,1,Nasional,1,NEGARA,1,NEGERI,1,NELAYAN,1,Online,1,order,1,ORGANISASI,1,PAJAK,1,PAKEM,1,Pakistan,1,Paksitan,1,PANCING,1,PEGAWAI,4,PELAJARAN,1,PELAKSANAAN,2,PELANGGAN,1,PELATIHAN,1,Pelayanan,1,Pembelajaran,1,PEMBELAJARAN,3,PEMERINTAHAN,1,PEMKOT,2,PENANGKAPAN,1,PENDEKATAN,2,PENDIDIK,1,Pendidikan,2,PENDIDIKAN,4,PENERAPAN,3,Pengantar,1,PENGARUH,4,PENGEMBANGAN,2,Pengertian,2,PENGGUNAAN,1,PENINGKATAN,1,PERANAN,1,PERBUATAN,1,Perform,1,PERKOTAAN,1,PERSEPSI,1,Persia,1,PERTAMA,1,PERTANIAN,1,Perubahan,3,PERUBAHAN,1,Popular,1,PRAKTEK,1,PRAWAI,1,presents,1,PRESTASI,5,Privileges,1,PROBLEM,1,Proceeded,1,Profesi,1,PROGRAM,5,PROVINSI,1,PUBLIK,1,QuranA,1,Qurban,1,Ramadan,1,READING,1,regard,1,RELATIONS,1,REMUNERASI,2,Review,1,ROSULULLOH,1,SALAF,1,saluran,1,SARANA,1,Sawma,1,SayyiahBidah,1,SEBAGAI,1,Sejarah,2,SEKRETARIAT,1,sense,1,SEPUTAR,1,Shallallaahu,1,Short,1,sifatsifat,2,significance,1,SIPIL,1,SISWA,4,SKRIPSI,14,Sosial,2,SOSIAL,2,Springtime,1,STIKES,1,STRATEGI,3,STUDI,2,SUATU,1,Sultan,1,SUMBER,2,SUNTIK,1,Swimming,1,Syafii,1,Tahlilan,1,TAHLILTAHLILAN,1,TANGKAP,1,TELAGA,1,TENTANG,2,TERHADAP,5,TERPUJI,1,TESIS,6,theories,1,Think,1,THINKPAIRSHARE,1,through,1,TINGKAT,2,TINJAUAN,2,Tombak,1,Trend,1,Truly,1,TULIS,5,Ujung,1,Understanding,2,UNTUK,3,UPAYA,1,USAHA,1,values,1,VARIABEL,1,Video,1,Visit,1,WARTAWAN,1,Wasallam,1,within,3,
ltr
item
Makalah, Artikel, Pelajaran, Drama: TESIS ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KPP
TESIS ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KPP
Makalah, Artikel, Pelajaran, Drama
http://koleksimakalah.blogspot.com/2012/11/tesis-analisis-pengaruh-pendidikan-dan.html
http://koleksimakalah.blogspot.com/
http://koleksimakalah.blogspot.com/
http://koleksimakalah.blogspot.com/2012/11/tesis-analisis-pengaruh-pendidikan-dan.html
true
7852773379619157635
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content